Kamis, 11 Juni 2015

Prinsip Tolong Menolong dalam Islam


Jika kita pernah ditolong oleh seseorang, jangan hanya mau menolong orang yang pernah menolong kita saja, tapi tolonglah siapapun yang memang butuh pertolongan, sekalipun orang yang pelit pada kita dan tidak pernah menolong kita.

Karena kalau hanya menolong orang yg pernah menolong kita saja, itu sama saja kita sedang berbisnis atau berdagang, karena prinsip berdagang adalah ada uang ada barang, kamu dapat aku juga dapat, ada imbalan ada kerja. Sedangkan prinsip tolong menolong adalah memberi tanpa harap kembali dari yg kita tolong. 

Namun bukan berarti orang yang menolong tidak boleh menerima pertolongan dari orang yang pernah dia tolong atau kita tidak boleh menolong orang yg pernah menolong kita.

Di samping itu, Rasulullah saw berkata: "tolonglah orang yang terzalimi dan yang menzalimi".
Maksud dari menolong orang yang menzalimi adalah seperti menolong orang yang pernah pelit untuk menolong kita, semoga dengan kita menolongnya orang tsb berubah sehingga ia tidak pelit untuk menolong orang lain.
Tapi jika kita tidak menolongnya sama saja prilaku kita dengan orang pelit tsb, dan orang pelit itu pasti akan membalasnya jika suatu saat kita butuh pertolongan padanya. Dan ini tak akan ada akhirnya. Wallahualam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar